Standar Isi Kurikulum Ke-NU-an LP Ma'arif PWNU Jawa Tengah

 


Mata Pelajaran Ke-NU-an sebagai bagian tidak terpisahkan dengan Pendidikan Islam sangat dibutuhkan bagi umat Islam Indonesia, agar dapat memahami secara benar ajaran Islam sebagai agama yang sempurna (kaamil), kesempurnaan ajaran Islam yang dipelajari secara integral (kaaffah) diharapkan dapat meningkatkan kualitas umat Islam khususnya kaum Nahdliyyin dalam keseluruhan aspek kehidupanya. Agar ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah NU dapat dipelajari secara efektif dan efisien, maka perlu dikembangkan kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Perubahan dan penyempurnaan tersebut menjadi penting seiring dengan kontinuitas segala kemungkinan yang terjadi berkaitan dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya pada tataran lokal, nasional, regional, dan global di masa depan.

Dokumen kurikulum Mata Pelajaran Ke-NU-an, Pengurus Wilayah Lembaga Pendiikan Ma'arif NU Jawa Tengah telah berupaya untuk mentransformasikan pemikiran yang menjembatani segala sesuatu yang telah ada saat ini (what it is) dengan segala sesuatu yang seharusnya ada di masa yang akan datang (what should be next) dalam suatu rancangan kurikulum yang fungsional dan aktual dalam kehidupan, khususnya penguatan Ahlussunnah Wal Jamaah di kalangan generasi Nahdliyyin. Ketetapan yang tercantum dalam Pedoman Kerja Lembaga Pendidikan Maarif NU memberikan arah yang jelas bahwa kurikulum yang dikembangkan harus menjamin dan mampu mengantarkan terwujudnya generasi muslim Indonesia sesuai prinsip dasar ajran Ahlussunnah Wal Jamaah NU.

Desain pengembangan kurikulum Mata Pelajaran Ke- NU-an, didasarkan pada pengertian bahwa kurikulum adalah suatu pola pendidikan yang utuh untuk jenjang pendidikan tertentu. Desain ini menempatkan mata pelajaran sebagai organisasi konten kurikulum yang terbuka dan saling mempengaruhi. Desain kurikulum yang akan digunakan untuk mengembangkan kurikulum baru harus mampu mengaitkan antar konten kurikulum baik yang bersifat horizontal maupun vertikal.

berikut materi Standar Isi Kurikulum Ke-NU-an LP Ma'arif PWNU Jawa Tengah :