Materi Esensial Madrasah Ibtidaiyah



Sebagaimana yang tercantum dalam permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru pada Kompetensi Inti Guru Kompetensi Guru Mata Pelajaran nomor 1 (satu): Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual ada empat kompetensi guru mata pelajaran, yaitu 1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. 1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu. 1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.

Di dalam modul kompetensi guru mata pelajaran 1.1 dan 1.2 sudah dibahas, namun kompetensi guru mata pelajaran 1.3 dan 1.4 tidak dibahas. 

Menurut saya, kompetensi guru mata pelajaran 1.3 mengidentifikasi bekal awal peserta didik adalah materi yang esensial (sangat penting dan mendasar) karena pemahaman mengenai bekal awal peserta didik merupakan dasar bagi guru untuk menentukan desain pembelajaran. Kompetensi 1.4 mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik juga merupakan materi yang esensial karena guru perlu memahami faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan cara mengatasi kesulitan belajar siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan dapat berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Untuk Lebih Lengkap silahkan Unduh Materi Esensial Untuk Madrasah Ibtidaiyah >>> DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Esensial Madrasah Ibtidaiyah"

Posting Komentar